Klik di sini
close

Tenun Buna

Tenun Buna merupakan salah satu teknik menenun di wilayah Timor Tengah Utara, propinsi Nusa Tenggara Timur, yang menggunakan benang-benang yang terlebih dahulu diwarnai.

This post is also available in: English

Surabaya

Ibukota provinsi Jawa Timur, Surabaya, adalah sebuah kota industri yang sibuk dan padat. Namun, keunikan karakter lokalnya masih lekat dalam beberapa sudut kota tua yang terawat, makanan kaki lima yang melimpah, serta gang-gang jalan yang ramai. Surabaya sejak awal telah berperan penting sebagai kota pelabuhan yang menghubungkan Jawa dengan pedagang rempah dari Eropa pada masa Kerajaan Majapahit. Surabaya juga memiliki peran bersejarah sebagai pusat perjuangan melawan pemerintahan asing, dengan peperangan pantang mundur antara Arek Suroboyo melawan tentara Sekutu yang memuncak pada 10 November 1945. Peperangan ini menyebabkan penghancuran kota Surabaya dan kematian ribuan pejuang, sehingga 10 November kemudian diperingati sebagi Hari Pahlawan Nasional.

Untuk para wisatawan di Jawa Timur, Surabaya juga menjadi titik pusat untuk mengeksplorkecantikan alam antara lain Gunung Bromo, serta Pulau Madura yang terkenal akan keunikanmotif batik dan festival karapan sapi.

 

This post is also available in: English


View larger map

Bandara Internasional:  Juanda

Transportasi Umum: Angkot, taxi, kereta api (dengan  tiga stasiun utama: Gubeng, Pasar Turi, Kota), dan bis kota yang menghubungkan wilayah dalam dan luar kota (dengan  dua terminal utama: Purabaya atau Bungurasih dan Joyoboyo).
Pelabuhan utama di Surabaya adalah Tanjung Perak.

Kode negara: +62

Kode wilayah: +031

Situs Pariwisata: http://www.surabayatourism.com

 

This post is also available in: English

Tunjungan Plaza

Tunjungan Plaza atau sering disebut TP atau Plaza Tunjungan, merupakan pusat perbelanjaan terbesar dan terlengkap di Surabaya. Tunjungan Plaza memiliki desain interior yang stylish dan cerah. Ia juga memiliki food court yang elegan, bioskop Cineplex, butik fashion papan patas, supermarket, toko-toko peralatan dan buku. Keseluruhan fasilitas perbelanjaan di sini meliputi lebih dari 500 toko retail yang terletak di empat blok yaitu Plaza Tunjungan 1 hingga Plaza Tunjungan 4.

Alamat: Jalan Besuki Rahmat, Surabaya
Buka: 09:00-22:00, setiap hari

Surabaya Town Square

Lebih dikenal dengan singkatan SUTOS, mal yang menggabungkan konsep indoor dan outdoor ini dikenal sebagai tempat nongkrong kebanyakan anak-anak muda Surabaya maupun keluarga. SUTOS memiliki banyak pilihan restoran dengan menu lokal dan internasional sehingga disebut sebagai mall makanan terbesar.

Alamat: Jalan Adityawarman no 55, Surabaya
Buka: 09:00-22:00, setiap hari

Pasar Genteng

Berjarak cukup dekat dengan Tunjungan Plaza, Pasar Genteng adalah pasar basah tradisional yang menjual sayur mayur, buah-buahan, daging, ikan asin, bandeng asep, terasi dan berbagai jenis snack. Variasi snack yang dijual di sini tidak terbatas pada snack buah kering seperti nangka, salak atau mangga, atau kerupuk udang. Snack kering yang dijual di sini juga meliputi lorjuk, teripang, dan dan bagian dalam binatang. Box untuk pembelian besar disediakan oleh kebanyakan penjual. Lantai kedua dari bangunan tiga lantai ini juga menjual alata-alat elektronik.

Alamat: Jalan Genteng Besar /Bubutan, Surabaya
Buka: Setiap hari

 

 

This post is also available in: English

Museum House of Sampoerna

Museum House of Sampoerna menceritakan kisah hidup Liem Seng Tee, pendiri PT HM Sampoerna TBK. sekaligus perjalanan rokok kretek bersejarah di Indonesia. Museum ini juga memiliki sebuah ruang untuk melihat dari dekat pembuatan manual rokok kretek di mana pengunjung dapat bergabung dengan para pekerja menggulung rokok. House of Sampoerna juga menawarkan program wisata Surabaya Heritage Track, sebuah bis wisata yang mengajak pengunjung melihat berbagai tempat bersejarah di Surabaya. Silahkan melihat program-progam yang berjalan langsung di Museum House of Sampoerna. Beberapa tema wisata yang pernah diadakan tahun lalu adalah Year End Track pada Desember dan Lunar Track pada Januari, di samping tur regular yang berjalan setiap Selasa hingga Minggu.

Alamat: Taman Sampoerna 6, Surabaya
Buka: 09:00-22:00,setiap hari
Biaya Masuk: Gratis

Masjid dan Makam Sunan Ampel

Satu dari Sembilan Wali yang menyebarluaskan ajaran Islam di Jawa pada abad 14-15, Sunan Ampel (atau Raden Rahmat sesuai nama Jawanya), membangun masjid ini pada 1421 di era Kerajaan Hindu –Jawa pada masa Majapahit. Masjid Ampel juga meliputi kompleks makam Sunan Ampel dan keluarganya, termasuk dua pembantu setianya yaitu Mbah Bolong dan Mbah Soleh. Makamnya kini menjadi bagian dari ritual ziarah kaum muslim khususnya pada Bulan Ramadhan. Perkampungan di sekeliling masjid dikenal sebagai Kampung Arab. Kedatangan para peziarah akan disambut oleh para penjaja keperluan ziarah dan suvenir seperti baju muslim, prayer beads, peci, minyak wangi dan kurma.

Alamat: Ampel Suci, Surabaya
Buka: Setiap hari
Biaya Masuk: Gratis

Vihara Hong Tek Hian (Dukuh)

Hong Tek Hian adalah vihara tertua di Surabaya. Untuk memperingati Tahun Baru China, Vihara Hong Tek Hian biasanya menyelenggarakan pertunjukan Wayang Potehi- sebuah tradisi wayang yang diyakini berasal dari era Dinasti Jin pada abad 3-5. Kini dinarasikan dalam bahasa Indonesia, pertunjukan Wayang Potehi menceritakan kisah-kisah kuno China diiringi alunan instrumen musik.

 

Alamat: Jalan Dukuh, Surabaya
Buka: Setiap hari
Biaya Masuk: Gratis

Taman Gapura Walkway (G-Walk)

Taman Gapura Walkway atau G-Walk telah menjadi pilihan alternatif selain pusat perbelanjaan, dengan udara segar dan kesempatan untuk menikmati ketenangan. Menggabungkan taman dengan area food court dan pusat hiburan, G-Walk adalah tempat yang menyenangkan untuk berjalan-jalan atau menghabiskan malam bersama teman dan keluarga.

Alamat: Taman Citraland, Surabaya
Buka: Setiap hari
Biaya Masuk: Gratis

Tugu Pahlawan

Sebagai kebanggan kota Surabaya, monumen ini dibangun untuk menghormati semangat perjuangan arek-arek Suroboyo dan mereka yang tewas pada pertempuran 10 November 1945 melawan usaha pendudukan oleh Tentara Sekutu setelah mundurnya tentara Jepang. Berlokasi di depan kantor Gubernur Jawa Timur, Tugu Pahlawan juga berada dekat dengan pusat kota dan dikelilingi oleh beberapa jalan utama kota : Bubutan, Tembaan dan Kebon Rojo. Tugu Pahlawan meliputi sebuah museum dan diorama, termasuk rekaman suara pahlawan nasional Bung Tomo, ketika berorasi kepada para pejuang untuk melawan Tentara Sekutu.

Alamat: Jalan Tembaan, Surabaya
Buka: Setiap hari
Biaya Masuk: Gratis

Jambatan Merah

Saksi perjuangan arek-arek Suroboyo pada pertempuran 10 November 1945 melawan Tentara Sekutu, Jambatan Merah adalah lokasi di mana Brigjen Mallaby (Inggris) terbunuh pada 10 November. Jambatan Merah kini berada telah direnovasi dari kondisi awalnya yang terbuat dari kayu. Jembatan yang terkenal dengan warna merah menyala, melintasi Sungai Kalimas dan berfungsi sebagai penghubung antara Jalan Kembang Jepun dengan Jalan Rajawali

Alamat: Jalan Kembang Jepun, Surabaya
Buka: Setiap hari
Biaya Masuk: Gratis

 

 

This post is also available in: English

Rujak Cingur

Sesuai namanya, hidangan favorit rujak yang umumnya terdiri atas potongan buah-buahan dan sayuran segar mendapat tambahan cingur sapi disertai lontong, tahu, tempe, tauge, dan kerupuk. Tambahan terasi pada campuran saus kacangnya membuat rujak cingur menjadi hidangan special Surabaya. Rujak Cingur Bok Maryati di Jalan Jolotundo dan Rujak Cingur Akhmad Jais di Jalan Akhmad Jais seringkali dipenuhi pengunjung lokal maupun wisatawan.

Tahu Tek

Tahu yang setengah digoreng, dibelah menjadi potongan dan dihidangkan bersama potongan kentang goreng, tauge, irisan mentimun, dan kerupuk udang serta disiram dengan saus terasi khusus. Nama ‘tek’ konon berasal dari suara gunting yang dipakai memotong bahan-bahan hidangan ini. Tahu Tek Pak H. Ali di Jalan Dinoyo telah menyajikan makanan favorit ini sejak tahun 1970an.

Lontong Balap

Hidangan favorit lainnya dari Surabaya, Lontong Balap adalah sebuah hidangan yang cukup mengenyangkan—seporsi lontong dengan tahu goreng, gorengan ubi (lentho), toge dan taburan kacang tolo, dan saus terasi khusus. Lontong Balap Pak Gendut di Jalan Kranggan Street juga menyajikan sate kerang.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

This post is also available in: English

Gunung Bromo

Pemandangan Gunung Bromo yang memukau adalah sebagian keindahan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Sekitar 4 jam berkendaraan dari Surabaya, sebagian pengunjung datang ke Bromo untuk melihat matahari terbit; pemandu wisata berada di lokasi menawarkan para pengunjung rute menuju titik strategis. Sewa kuda juga tersedia untuk menghantar pengunjung berkeliling Bromo.

Perayaan ucapan syukur tahunan suku Tengger, Yadnya Kasada, juga diselenggarakan di Gunung Bromo. Tetua dari komunitas Tengger akan berkumpul dan menjalankan ritual Hindu-Jawa dengan berdoa, mempersembahkan kurban yang terdiri dari beras, sayuran, ayam dan kambing , dan memberkati para peziarah di Pura Luhur Poten.

Madura

Dapat diakses mudah dari Surabaya dengan berkendaraan melalui Jembatan Suramadu atau dengan ferry (dari Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ke Pelabuhan Kamal di Bangkalan), Pulau Madura terkenal dengan karapan sapi. Dihiasi dengan pita warna-warni dan rangkaian bunga, sapi-sapi pertandingan akan mengikuti lomba 100 meter, diiringi musik gamelan dan tepukan riuh para penonton. Kemeriahan karapan sapi akan berlangsung dari Juli hingga Oktober setiap tahun, dimulai dari tingkat desa hingga final yang diadakan di ibukota Pamekasan.

Kota Madura juga terkenal dengan budaya batik yang khas. Dengan motif pesisiran yang ekspresif, dan teknik pewarnaan yang spesifik seperti coletan dan celup yang berbeda di setiap wilayah, menghasilkan keunikan dan warna-warni khas Batik Madura. Kabupaten pengrajin batik di Madura terdapat di beberapa tempat seperti Pekandangan dan Pragaan di Sumenep dan Tanjung Bumi di Bangkalan.

Malang

Sekitar 2-3 jam perjalanan dari Surabaya (dengan mobil atau bis yang akan berhenti di terminal bis Arjosari), Malang menawarkan pemandangan alam indah, pantai, dan candi-candi dari kerajaan Hindu Jawa. Pantai Sendang Biru dan Pulau Sempu yang terletak berdekatan menjadi pilihan banyak keluarga dan wisatawan untuk bersantai. Nelayan setempat menawarkan jasa mengantar pengunjung ke Pulau Sempu dan berkeliling menjelajahi pulau termasuk melihat keindahan Segara Anakan. Pantai lainnya yaitu Balekambang juga menjadi tempat favorit menghabiskan akhir pekan dan liburan.

Para pengunjung ke Malang juga dapat melihat Candi Singosari, sebuah candi peninggalan Kerajaan Singosari yang belum selesai dibangun atau menelusuri Perkebunan Teh Wonosari.

Situs Majapahit di Trowulan

Terletak di Kabupaten Mojokerto, sekitar satu jam berkendaraan dari Surabaya, desa Trowulan menarik minat pengunjung dengan peninggalan-peninggalan arkeologi di area seluas 100 kilometer dalam bentuk artefak, infrastruktur, dan candi-candi peninggalan kerajaan Majapahit sekitar abad 14-15. Peninggalan-peninggalan yang kebanyakan terbuat dari bata merah, memperlihatkan aktivitas kehidupan pada masa itu yang dinamis meliputi gapura, kolam mandi (Candi Tikus), pot tembikar, celengan dan areal pemakaman termasuk makam Putri Champa, putri terakhir yang menikah dengan Raja Majapahit. Situs Trowulan ditemukan pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Inggris pada 1811-1816.

 

 

This post is also available in: English

Festival Rujak Uleg
Sebagai bagian dari perayaan hari jadi Surabaya pada 31 Mei, festival rujak uleg diselenggarakan setiap tahunnya, baik rujak buah, sayur maupun rujak cingur yang menjadi andalan favorit kota. Festival ini biasanya menarik minat banyak peserta, yang memperlihatkan keterampilan mereka mengolah rujak dan bumbunya serta atribut fashion dengan nuansa lokal yang mereka kenakan. Festival ini diselenggarakan sekitar seminggu sebelum hari jadi Kota Surabaya, dan biasanya dipusatkan di sekitar wilayah Jalan Kembang Jepun (Kya Kya).

Festival Bulan Purnama
Sebuah perayaan menyambut Tahun Baru China, festival biasanya dipusatkan setiap tahun di Pantai Kenjeran dan terdiri dari berbagai acara seperti festival kue bulan, lampion, pertunjukan barongsai , tarian tradisional dan prosesi ritual.

Haul Sunan Ampel
Wafatnya Sunan Ampel diperingati setiap tahun (sekitar minggu ketiga bulan Sya’ban dalam kalendar Islam), dari Jumat hingga Sabtu. Acara tiga hari ini mengundang banyak peziarah, termasuk dari luar kota Surabaya, untuk berdoa di makam Sunan Ampel dan diikuti dengan ritual ibadah. Pertunjukan musik Islam dan sunatan masal juga diadakan sebagai bagian dari kegiatan peringatan.

 

This post is also available in: English

GO Recommend

captcha