Klik di sini
close

Tenun Buna

Tenun Buna merupakan salah satu teknik menenun di wilayah Timor Tengah Utara, propinsi Nusa Tenggara Timur, yang menggunakan benang-benang yang terlebih dahulu diwarnai.

Oleh-oleh Dendeng Tokek dari Probolinggo

Oleh-oleh dari berpergian ke suatu kota yang berupa makanan, buah-buahan, souvenir, pakaian  dan sebagainya tentu adalah hal yang biasa saja. Tetapi bila oleh-oleh itu berupa makanan yang berbentuk dendeng, tentu cukup menggoda selera untuk dinikmati. Tetapi untuk dendeng yang satu ini, tentu akan membuat Anda berpikir dua kali untuk mau atau segera menyantap dan menikmatinya. Pasalnya, dendeng yang satu ini terbuat dari binatang tokek  (Gekko gecko). Dari bentuk Tokek yang cukup menyeramkan, tentu butuh nyali tersendiri untuk menikmati dendeng tokek yang unik.

Dendeng Tokek ini merupakan oleh-oleh yang diproduksi oleh Didik Prabudi, warga Desa Tegal Siwalan Kecamatan Leces, Kabupaten ProbolinggoJawa Timur. Untuk flight dan penginapan di daerah ini bisa langsung lihat di Gonla. Pria ini justru tidak tertarik dan berminat dengan tokek bertubuh gendut  yang menghebohkan seperti yang terjadi pada beberapa bulan yang lalu. Sebaliknya, Didik Prabudi justru lebih berminat pada tokek jenis rumahan yang biasa kita jumpai dengan ciri bobot tubuh tokek yang standard dan cenderung kurus.

Dari bisnis tokek yang sudah digelutinya sejak 10 tahun yang lalu itu, dia telah mendapatkan hasil miliaran rupiah.Beberapa bangunan rumah plus bangunan rumah baru yang sedang dibangun dan beberapa mobil mewah yang dimilikinya tentu sudah bisa menunjukkan betapa manisnya bisnis tokek itu. Didik lebih tertarik memilih tokek kurus itu karena tidak banyak lemaknya sehingga mudah untuk dikeringkan dengan cara dioven.


Menurutnya, bagian tubuh tokek yang  berkhasiat dan banyak digunakan adalah pada bintik-bintik berwarna oranye yang terdapat pada sekujur kulit tokek pada bagian atas. Bintik-bintik itulah yang konon mengandung zat-zat tertentu yang berkhasiat dalam obat-obatan tradisional, kosmetik dan keperluan lainnya. Beberapa rekannya di luar negeri yang juga berbisnis tokek kering seperti Jepang, Korea, Taiwan, Singapura dan sebagainya itu  telah menjadi pelanggan tetap Didik Prabudi.

Artikel juga bisa dibaca di : http://www.jelajah-nesia.blogspot.com/2012/12/oleh-oleh-dendeng-tokek-dari-probolinggo.html

Tags: , ,

Tentang Kontributor

Vlogger

VIVAlog adalah salah satu platform komunitas yang berada di bawah mega portal VIVA.co.id (former VIVAnews.com). Platform ini di bentuk untuk mewadahi aktivitas Blogger.
Vlog atau VIVAlog merupaka platform untuk berbagi, mempromosikan, dan meningkatkan traffic blog-blog terbaik dan paling menarik di Indonesia. Siapapun dipersilakan mengirimkan blog.
VIVAlog mulai online di bulan Juni 2011. Sampai saat ini sudah terhitung sekitar 4600 Vloggers yang bergabung di VIVAlog.

3 Komentar to Oleh-oleh Dendeng Tokek dari Probolinggo

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*


Halo Pembaca,
Kamu dapat mengirim komentar mereka untuk artike (Go Feature) dan blog (Go Share) yang ditayangkan di situs Go Experience. Tim kami akan mengulas isi komentar dan menayangkannya setelah melakukan screening. Konten dan interpretasi dari setiap komen akan menjadi tanggungjawab pengirim komentar dan tidak merefleksikan pandangan dan posisi Gonla.com terhadap topik itu. Gonla.com tidak bertanggungjawab atas berbagai kerugian akibat komentar-komentar tersebut.