Klik di sini
close

Tenun Buna

Tenun Buna merupakan salah satu teknik menenun di wilayah Timor Tengah Utara, propinsi Nusa Tenggara Timur, yang menggunakan benang-benang yang terlebih dahulu diwarnai.

Taman Burung TMII, Pilihan Wisata Edukasi

Saat ini, populasi burung di habitat aslinya semakin berkurang.

Sudah tidak asing lagi pastinya jika saya menyebutkan Taman Mini Indonesia Indah (TMII), salah satu tempat rekreasi yang ada di Jakarta, Indonesia. Namun, bagaimana dengan pilihan mengunjungi Taman Burung TMII? Apakah sudah pernah mencoba berkunjung? Okay, selama kurang lebih satu bulan saya berkesempatan magang profesi di Taman Burung TMII, masih dalam program koasistensi dokter hewan, sehingga saya akan bercerita mengenai tempat ini.

Cacatua gallerita triton

Kakatua Besar Jambul Kuning

Taman Burung memiliki tiga kubah burung, yaitu kubah lama (Taman Konservasi Nusantara), Kubah Barat, dan Kubah Timur. Tempat wisata ini mencapai kejayaannya pada pemerintahan Presiden Soeharto, tetapi setelah isu avian influenza yang merugikan, kini Taman Burung mulai berkembang dan bangkit kembali.

Taman Burung merupakan salah satu unit yang ada di Taman Mini Indonesia Indah, yang memiliki koleksi berbagai jenis burung, baik dari Indonesia bagian barat maupun timur (menurut pembagian garis Wallace). Tempat wisata yang merupakan lembaga konservasi ini juga menjadi salah satu destinasi wisata edukasi. Mengapa? karena di Taman Burung, para pengunjung mendapatkan pengetahuan mengenai jenis-jenis burung, meliputi nama, habitat, makanan alaminya, serta informasi lain yang menambah wawasan.

Merak hijau jantan sedang menarik perhatian betina

Saat ini, populasi satwa liar, khususnya burung di habitat aslinya semakin berkurang akibat perburuan ataupun karena rusaknya habitat oleh praktik-praktik penebangan hutan secara liar dan pembukaan lahan perkebunan yang tidak berdasar pada kaidah konservasi. Jadi bagaimana anak cucu kita nanti dapat menikmati keanekaragaman hayati, menikmati keindahan beraneka jenis burung-burung di alam? Di sinilah salah satu manfaat adanya lembaga konservasi Taman Burung ini.

Elang Bondol

Saya sendiri baru melihat beberapa jenis burung saat magang di Taman Burung, sebut saja Cenderawasih, Dara Mahkota, Ibis Roko-roko, Maleo, Elang Jawa, dan banyak lainnya. Selain keindahan aneka jenis burung, pengunjung juga diajak untuk tahu, mana jenis burung yang dilindungi dan mana yang tidak dilindungi. Hal tersebut merupakan salah satu upaya penyadartahuan kepada masyarakat terkait status burung tersebut di Indonesia. Oleh karena itu, untuk tujuan rekreasi, Taman Burung TMII menjadi rekomendasi untuk Anda kunjungi. Terlebih bersama anak-anak, akan bermanfaat jika Anda mengunjungi Taman Burung sebagai pilihan Ecoedutourism. Selamat jalan-jalan!

Ibis Putih


Artikel juga bisa dibaca di : http://danangdwicahyadi.wordpress.com/2012/10/10/taman-burung-tmii-pilihan-wisata-edukasi/#jp-carousel-130

Tags: , , , , , , ,

Tentang Kontributor

Vlogger

VIVAlog adalah salah satu platform komunitas yang berada di bawah mega portal VIVA.co.id (former VIVAnews.com). Platform ini di bentuk untuk mewadahi aktivitas Blogger.
Vlog atau VIVAlog merupaka platform untuk berbagi, mempromosikan, dan meningkatkan traffic blog-blog terbaik dan paling menarik di Indonesia. Siapapun dipersilakan mengirimkan blog.
VIVAlog mulai online di bulan Juni 2011. Sampai saat ini sudah terhitung sekitar 4600 Vloggers yang bergabung di VIVAlog.

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*


Halo Pembaca,
Kamu dapat mengirim komentar mereka untuk artike (Go Feature) dan blog (Go Share) yang ditayangkan di situs Go Experience. Tim kami akan mengulas isi komentar dan menayangkannya setelah melakukan screening. Konten dan interpretasi dari setiap komen akan menjadi tanggungjawab pengirim komentar dan tidak merefleksikan pandangan dan posisi Gonla.com terhadap topik itu. Gonla.com tidak bertanggungjawab atas berbagai kerugian akibat komentar-komentar tersebut.