Klik di sini
close

Tenun Buna

Tenun Buna merupakan salah satu teknik menenun di wilayah Timor Tengah Utara, propinsi Nusa Tenggara Timur, yang menggunakan benang-benang yang terlebih dahulu diwarnai.

Sorowako Wisata Alam Di Balik Tambang Nikel

Kalau punya kesempatan buat liburan kalian pengennya ke mana? Pantai, gunung, pedesaan atau kota besar? Atau kalau misalnya diajak liburan keliling Sulawesi Selatan, maunya ke mana? Paling umum sih jawabannya mau keliling kota Makassar sambil liat sunset di Losari atau ke Tana Toraja liat kuburan batu dan upacara pemakaman Rambu Solo yang sudah terkenal di seluruh dunia. Tapi, pernah kepikiran untuk liburan ke Sorowako? Atau malah belum pernah sama sekali dengar tempat ini?

Sorowako adalah sebuah kota kecil di Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, dan letaknya antara perbatasan Propinsi Sulawesi Tengah dan Sulawesi Tenggara. Nama Sorowako mungkin tidak terlalu terkenal, tetapi untuk kalangan yang bekerja di industri pertambangan tempat ini sudah mendunia. Betapa tidak, Sorowako penghasil nikel terbesar di dunia. Betapa kayanya Indonesia!

Membayangkan daerah pertambangan sudah pasti yang ada di pikiran kita itu lokasinya yang terpencil, berdebu, susah sinyal, dan nggak ada hiburan. Tapi kata siapa Sorowako membosankan? Selain deposit nikelnya yang melimpah di sepanjang Pegunungan Verbeek, Sorowako menyimpan berbagai potensi alam yang luar biasa indah, bersih, dan alami karena belum terjamah oleh banyak tangan wisatawan. Ayo liburan ke daerah tambang Sorowako dengan one stop service akomodasi dari Gonla!

Danau Matano

Belum dianggap sah berkunjung ke Sorowako kalau belum ke Danau Matano. Danau Matano adalah danau terdalam di Asia Tenggara sekaligus ke delapan di dunia. Danau ini telah menjadi sarana transportasi maupun hiburan bagi masyarakat Luwu Timur.  Dengan dibentengi oleh gugusan Pegunungan Verbeek yang menjadi sumber nikel dunia, jangan lewatkan momen terbaik memotret pelangi di sore hari!

Pantai Ide

Idealnya pantai sih ada hamparan pasir di sekitarnya, tapi tidak untuk Pantai Ide yang merupakan pantai yang paling banyak pengunjungnya di Sorowako. Pantai ide merupakan dermaga bercabang-cabang sepanjang 100 meter yang menjorok langsung ke Danau Matano, sehingga kamu bisa memilih mau berenang di kedalaman berapa. Banyak juga pengunjung yang melakukan olahraga air di pantai ini, seperti berenang, snorkeling,kayaking, maupun wind surfing.

Bukit Butoh

Bukit Butoh, atau yang biasa dikenal penduduk dengan nama Poci, merupakan tempat di mana kita bisa melihat seluruh pemandangan Sorowako dari ketinggian, mulai dari hamparan perumahan sampai Danau Matano sendiri. Cukup trekking satu jam untuk mencapai puncak Bukit Butoh. Moment yang paling tepat untuk berkunjung ada subuh, sehingga kita bisa memotret pesawat domestik yang lepas landas setiap jam setengah tujuh pagi.

Wallacea Sawerigading Mining Park

Kata siapa daerah tambang tidak bisa punya theme park? Sorowako punya ciri khasnya sendiri! Taman yang umumnya dikenal dengan nama Mining Park ini memiliki banyak koleksi mobil-mobil operator khas daerah tambang yang umumnya digunakan di perusahaan Vale Indonesia. Di sini kita bisa sepuasnya berfoto bersama mobil-mobil besar dan masuk ke dalamnya. Tidak hanya itu, kita juga bisa bertemu Anoa, hewan endemik langka khas Sulawesi yang dipelihara dan merupakan ikon dari lambang PT INCO, Tbk.

Mata Air Bora-bora

Di Desa Matano terdapat sebuah kolam yang merupakan sumber mata air dari Danau Matano, namanya Mata Air Bora-bora. Kebiasaan yang dilakukan ketika mengunjungi mata air ini adalah mengucapkan kata “bora…bora…” yang dipercaya bisa menciptakan gelembung air di kolam ini.

Air Terjun Matabuntu

Pernah lihat kalender yang memiliki gambar pemandangan air terjun yang indah? Seperti itulah Air Terjun Matabuntu! Matabuntu merupakan air terjun yang sistem aliran airnya bertingkat. Saking tingginya tingkatannya tidak akan habis-habis jika dipanjat, namun ada sekitar enam undakan yang paling tinggi yang bisa dicapai. Kondisi airnya juga melimpah dan memiliki kolam sehingga kita juga bisa berenang. Letaknya yang tersembunyi di antara hutan menyebabkan air terjun ini masih alami dan luar biasa segar.

Pulau Kucing

Pulau Kucing merupakan gugusan pulau karang yang berada di Danau Matano dan berbentuk seperti kucing. Dengan menyewa raft dan perjalanan selama 45 menit kita bisa menikmati ketenangan di sekitar pulau ini dengan berenang,kayaking, maupun snorkeling untuk melihat gugusan karang putih.

Bagaimana, Sorowako indah bukan? Mulai dari danau, pegunungan, bukit, air terjun, pulau, sampai theme park pun ada di sini. Masih berpikir kalau berlibur ke daerah tambang tidak masuk akal dan membosankan? Ayo ke Sorowako dan buktikan sendiri!

Baca juga: Your Hand is Indonesian Spoon

Artikel juga bisa dibaca di : http://travenesia.com

Tags: , , , , , , , , , ,

Tentang Kontributor

Travenesia

Hamka and Jenny are two youths who travel and blogging about beautiful places and cultures of Indonesia. Share their journeys with words, pictures, and actions. Meet us in the border, we’ll greet you there!
/

Beri Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*


*


Halo Pembaca,
Kamu dapat mengirim komentar mereka untuk artike (Go Feature) dan blog (Go Share) yang ditayangkan di situs Go Experience. Tim kami akan mengulas isi komentar dan menayangkannya setelah melakukan screening. Konten dan interpretasi dari setiap komen akan menjadi tanggungjawab pengirim komentar dan tidak merefleksikan pandangan dan posisi Gonla.com terhadap topik itu. Gonla.com tidak bertanggungjawab atas berbagai kerugian akibat komentar-komentar tersebut.